Orasi Gayeng Perkumpulan Senin Pahing

0
466

Perkumpulan senin pahing, komunitas diskusi tokoh lintas profesi yang rutin mengadakan diskusi tiap senin pahing, malam kemarin, minggu (30/5/2021) mengadakan acara halal bi halal.

Bertempat di Taman Batik Akar Kartini, area makam Kartini Kec. Bulu, acara tersebut dibuka dengan tahlil bersama. Kemudian satu per satu tokoh komunitas melakukan orasi gayeng, dengan moderator bahtiar winarno, pegiat sosial dan pengurus IRB (Info Rembang Berbagi), dibuka dengan sambutan dari Rabis Swabihantoro, anggota fraksi PKS, dilanjut sambutan ketua IRB Bambang Sumantri.

Orasi kritis tentang Pancasila dan dinamikanya kemudian disampaikan oleh Abdul Chamim, tokoh seniman Rembang. Menyambung orasi Chamim, Moh Sugiharyadi, ketua Perkumpulan Senin Pahing menyampaikan orasi panjang tentang filosofi Pancasila, perspektif gender pada awal lahirnya Pancasila hingga tafsir tafsir cerdas Pancasila sebagai ideologi.

Orasi tentang kritik pembangunan di kabupaten Rembang disampaikan oleh sesepuh perkumpulan senin Pahing, Hariyanto. Ditutup dengan orasi dari ketua Karang Taruna Rembang Achmad Rif’an yang mempertajam makna sila ketiga persatuan Indonesia untuk menjawab fenomena negatif labelisasi politik sebagai residu pasca Pilkada.

Dalam acara yang disiarkan secara live stream di fanspage kartiniTV bulu itu dihadiri beberapa pengurus PMII Rembang, ketua DPD Gerindra Rembang Asrori, dan tampak pula hadir dosen Akademi Komunitas Semen Indonesia Charis Kurniawan. Dengan hiburan PSP accoustic live music, acara berlangsung hangat penuh canda tawa hingga pukul 00.00 wib.

Editor : iwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here